Tahun 2020, Strategi Baru Merawat Kulit dengan ERHA Skin & Hair Series yang Tersedia di Watsons

By Gusti Gina - Sunday, June 21, 2020

Apa resolusimu di tahun 2020 ?



Januari oh januari. Pasti ada banyak post instagram atau orang sekeliling disekitar kita membicarakan tentang resolusi. Tentunya ya buat mewujudkan resolusi hidup kita butuh strategi, biar tepat sasaran. Ngomong-ngomong soal strategi, aku sudah menyusun loh strategi apa saja yang bisa aku lakukan tahun ini untuk mencapai skin goals versi aku, bebas jerawat. Aku mau fokus benar-benar dimisi pemberesan jerawat ini, baru setelahnya bisa loncat ke anti aging atau brightening. Ada satu derma local skincare brand yang sudah sangat lama menarik perhatianku, yaitu ERHA Skin and Hair Series. Yep, ERHA yang beauty clinic itu, mereka juga punya skincare OTC (over the counter) loh. Cuman dari dulu tiap mau masuk ke store nya buat lihat-lihat produknya berasa sungkan karena bukan pasien di sana.


Sekitar akhir tahun kemaren aku dapat kabar kalau ERHA Skin and Hair Series akan launching rangkaian skincare OTC nya di drugstore, Watsons. Yep, ini adalah salah satu drugstore favorit aku buat belanja produk kesehatan dan kecantikan karena lengkap. Aku langsung mikir kalau produk ERHA ada di Watsons lebih mudah dong buat konsumen beli skincarenya, semacam lebih terjangkau aja gitu mengingat gerai Watsons ini banyak banget di Indonesia. Akhirnya pada 18 Januari 2019 kemaren aku ikut acara The Launch of ERHA at Watsons. Senang banget!

Saat sambutan dari Yosi Krisyanti selaku Head od Modern Trade Channel ERHA, dia menjelaskan bahwa launching produk skincare ERHA skin and hair series ini adalah bentuk strategi ERHA untuk menjawab kebutuhan konsumen dalam perawatan kulit dan rambut. Walaupun memang setiap individu memiliki kebutuhan dan keunikan maisng-masing, namun tetap ada perawatan dasar yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut setiap harinya. Mulai sekarang produk ERHA skin and hair series tidak hanya tersedia di ERHA Apothecary, ERHA clinic, atau online di www.erhastore.co.id, namun konsumen sekarang akan lebih mudah menjangkau produk mereka digerai-gerai Watsons yang menjadi ritel kesehatan dan kecantikan internasional terbesar di dunia ini. Bahkan untuk Indonesia saja memiliki 141 toko yang tersebar di Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatra. Maryawati selaku Finance Director Watsons Indonesia juga menambahkan kerjasama ini terjalin karena komitmen Watsons sejalan dengan visi ERHA, yaitu menerapkan standar tinggi dalam melayani pelanggan dan menyediakan produk kesahatan, kecantikan, dan perawatan personal terbaik. Terlebih lagi, seluruh rangkaian produk ERHA Skin and Hair Series adalah dermatologist formularies, artinya setiap produk diformulasikan oleh para dermatolog yang bekerja sama dengan scientist, furmolator, dan pharmacist. Sebelum diluncurkan ERHA juga selalu melakukan uji klinis oleh badan riset terpercaya untuk keamanan dan efektivitas formula produk. Hmm, tak perlu diragukan lagi ya.

Selain itu, saat sesi tanya jawab banyak pemaparan dari narasumber yang aku bersepakat. Terutama tentang topik seputar kulit berjerawat, ya tentu dong aku kan acne fighter. Di sini juga aku menjadi menggebu-gebu ingin menyebarluaskan pemahaman tentang perawatan kulit itu bukan hanya tentang kecantikan, tapi kesehatan. Aku juga sebenarnya sudah sering banget ngebahas ini diinstagram. Penjelasan dr. Benny Hadypramono Djokokoesumo selaku dokter yang bertugas di ERHA mengatakan bahwa, kulit memiliki sel-sel yang bekerjasama dengan sitem imun pada tubuh kita yang berfungsi melawan virus, bakteri, dan berbagai hal yang dapat membahayakan tubuh. Sementara dalam hal rambut, ada berbagai faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan pada kondisi kulit kepala dan rambut, seperti faktor usia, stress, berkurangnya aktivitas kelenjar minya dikulit kepala, gangguan hormon, paparan sinar matahari dan sebagainya. Apabila rambut dan kulit kepala tidak dirawat, maka yang terjadi ya pasti masalah seperti ketombe, kerontokan, kusam, dan rambut yang sulit diatur. Jadi itu kenapa merawat kulit dan rambut sama pentingnya menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ingat guys, kulit itu juga organ kita, sama kayak lambung, paru-paru, jantung, dan lainnya loh. Sama pentingnya dijaga kesehatannya buat kelangsungan hidup.

Keseruan Event The Launch of ERHA at Watsons di PIM 2 Mall

Ya pada intinya, kita harus melakukan 2 hal terhadap kulit dan rambut ini, yaitu perawatan (caring) dan penyembuhan atas permasalahan (curing). Biasanya untuk yang tidak bermasalah, kita cukup melakukan caring di rumah ya pakai skincare atau haircare. Untuk ERHA sendiri, ada beberapa rangkaian perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, seperti :
1. Perawatan kulit yang berjerawat (Erha21 Acne Lab Series)
2. Perawatan rambut (erhair Hair Grow and Scalp Series)
3. Perawatan kulit cerah (Truwhite Series)
4. Perawatan kulit anti kerutan (Erha21 Age Corrector Series)
5. Perawatan kulit sensitive (Erhalogy Skin Barrier Series)
6. Perawatan kulit esensial (Erha21 Skin Essential Series)

Lengkap ya ! as I said, my skin problem is acne. Tapi, beruntungnya kulitku tidak berjerawat parah, hanya tertinggal bekas dan sesekali muncul saat menjelang haid. Ya aku hanya butuh "caring", tidak "curing". Kalau parah sih lebih baik ke dokter untuk dilakukan tindakan sebagai "curing" ya. Aku punya Erha21 Acne Lab Series, yang terdiri dari empat produk. Aku akan memberikan review singkat setelah pemakaian sekitar empat hari terakhir. 


REVIEW

1. Acne Cleanser Scrub Beta Plus : Ini adalah sabun muka dengan scrub, ya udah jelas ya dari nama produknya. Fungsinya untuk mengurangi minyak berlebih, membunuh bakteri, dan mempercepat pengeringan jerawat. Sesuai sih sama fungsinya, dia mengandung asam salisilat dan juga sulfur jeng. Teksturnya agak padat dengan scrub dan berwarna hijau tapi saat digosok dengan sedikit air cepat banget lumer dan jadi busa kok. Terus wanginya enak banget. Astaga aku suka ! Setelah dibilas, memang agak sedikit membuat kulitku kering, jadi aku harus buru-buru ngasih moisturizer. Cuman nggak sampe bikin kulit ketarik dan bikin sakit kok. Mesti langsung buru-buru ya dikasih moisturizer.

2. Acne Spot Gel : Ini obat totol kalau kita biasa nyebutnya. Kandungannya sama kayak sabun muka. sulfur dan asam salisilat tapi konsentrasinya aja agak besar yaitu 2% jadi lebih efektif buat mengeringkan jerawat. Ingat gengs, ini emang bikin kering jadi pastikan makenya dijerawat aktif aja ya.  Selain itu juga ada kandungan Zinc Gluconate yang bisa membantu mengurangi produksi sebum, pas buat yang sebumnya berlebih, hidrogen peroksida si pembunuh bakteri jerawat, dipotassium glycyrrhizinate yang membantu mengurangi peradangan jerawat, dan niacinamide buat menyamarkan noda jerawat terutama nih yang PIH karena kan dia brightening agent ya. Cara penggunaannya cukup 1-2x sehari di area jerawat. Kalau diaku dipipi biasanya yang berkelompok kayak acne squad gitu. Wkwkwk. Kebetulan acne squad aku dipipi lagi tidak aktif alias stabil, cuman ada satu jerawat dekat hidung. Dalam pemakaian 2 hari sih tidak membuat perubahan signifikan, tapi dihari ketiga kering dan kayak ngeletek dengan sendirinya gitu. Hahaha. Puas banget, tinggal bekasnya nih. Aku belum bisa ngasih penjelasan sih soal bekas ini. Nanti mungkin akan aku update kembali.

3. Acne Back Spray : Jerawat spray yang khusus dibagian tubuh selain wajah, misal punggung, dada, dan bagian tubuh lainnya. Kandungan utamanyan asam salisilat si antibakteri, zinc gluconate si sebum controller, dan allantolin yang bisa mengurani kemerahan maupun iritasi ringan buat jerawat. aku sendiri sih tidak punya jerawat dibagian tubuh, jadi belum memakai ini. Hanya aku coba memakainnya ditangan agar bisa menjelaskan feelnya ke kalian. Aroma dari acne back spray ini seperti pasta gigi, manis-manis mint gitu. I can't explain well the scent, ya kira-kira begitu. Spraynya juga oke, air nya keluar deras dan kencang. Ini emang diperuntukkan badan sih kalau dari "feelnya". Karna kalau kewajah menurutku agak "kencang" gitu semprotannya ga se smooth face sprayer biasanya, misal face mist atau toner. Selain itu juga ini mengandung alkohol diurutan kedua, jadi pakai ini kebagian tubuh saja ya apalagi kalau kulitmu sensitif. Bagi kamu yang memiliki jerawat punggung, di dada, atau bagian tubuh lainnya. Aku rasa ini akan bekerja dengan baik, karena biasanya suka bingung kan merawatnya bagaimana. Here's the answer !

4. Acne Carifying Gel : This is my favorite ! Aku awalnya bingung ini sebenarnya apa, apakah ini toner? moisturizer, atau acne lotion? Diproduknya disebut kalau ini kombinasi antara toner dan oil control untuk kulit berjerawat atau yang cenderung berjerawat. Setelah melihat kandungannya aku tahu dipakai saat kapan dirangkaian skincare routineku, setelah cuci wajah sebelum moisturizer. Kandungan utamanya asam salisilat, nicotinamide, AHA (mengangkat sel kulit mati), dan sebum regulator untuk mengontrol produksi minyak berlebih. Tekstur dari gel ini sebenarnya cenderung liquid lotion berwarna putih dengan butiran yang mirip scrub atau pasir yang sangat kecil gitu. Jadi dia gak sepenuhnya cair, aku rasa sih yang butirannya itu yang berfungsi mengatasi jerawat. Memakai ini jangan terlalu banyak. Cukup sedikit saja namun merata diwajah, lalu biarkan mengering dan setelahnya bisa ditimpa moisturizer. Untuk pagi dan siang hari, jangan lupa untuk memakai sunscreen karna produk ini mengandung AHA ya, jadi kulit lebih sensitif terhadap matahari dan lebih mudah mengalami "burning".  Yang aku suka rasakan sih, ini memang bisa mengontrol sebum dengan baik, terutama untukku dibagian hidung yang biasanya berlebih.

Secara keselurahan, jenis rangkaian produk ERHA OTC (Over The Counter) acne series yang aku gunakan bekerja dengan cukup cepat dikulitku. Penggunaanku kan baru 4 hari ya, tidak semua skincare dapat bekerja dengan cepat dan hasilnya dirasakan dalam waktu jangka pendek. Hanya saja untuk hasil optimal tentu aku perlu menggunakannya dalam rentang waktu yang lebih lama. Saat ini sih aku tetap melanjutkannya dan penasaran apakah ini bisa mengatasi kulit jerawatku didaerah pipi, yang kadang suka aktif kembali jerawatnya ditempat yang sama. 


Buat kalian yang ingin mencoba berbagai jenis rangkaian produk ERHA OTC ini, sekarang sudah sangat dipermudah dengan tersedia di Watsons dan AEON Store Health and Beauty. Produk ERHA OTC ini dapat dibeli tanpa resep dokter ya, jadi untuk tahu kamu butuh rangkaian yang mana kamu harus aware dengan kulitmu sendiri misal skin problemnya apa, skin typenya apa, dan skin concernnya apa. Entah itu jerawat, wrinkle, atau kusam. Namun apabila kamu merasakan perawatan ekstra atau butuh pemecahan masalah kulit yang tepat alias butuh "curing", kamu bisa datang langsung ke Klinik ERHA yang memang dikenal sebagai klinik dermatologi terbaik. Dari konsultasi dengan dokter spesialis kulit hingga tips perawatan kulit akan diberikan, jika nanti sudah sembuh maka bisa kembali menggunakan produk OTC untuk maintainance.

Untuk informasi lebih lanjut, simply klik https://www.erha.co.id/ atau instagram @erha.dermatology. Ada banyak informasi di sana, seperti tips perawatan kulit, cara memutihkan wajah atau cara mencerahkan kulit, dan informasi seputar klinik kecantikan ERHA.







#ERHAATWATSONS  #ERHAATAEON

  • Share:

You Might Also Like

8 comments

  1. Apaka produk itu juga bisa mengobati Fungal acne yaitu jerawat yang disebabkan jamur ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ngga mengalaminya sih. jadi ngga bisa jawab. Tapi salycilic acid bisa ngebantu mengatasi fungal acne. dan yang terpenting hindari skincare yang sifatnya ngasih makan jamurnya karna bisa memperparah. seperti kandungan Oils, Esters, Cholesterol, Polysorbates, Fatty Acid, Tridecylic, Linoleic, Lauric (Dodecanoic), Undecylenic Acid, Stearic (Octadecanoic), Oleic (Octadecanoic), dan kandungan hasil fermentasi. jadi make sure skincare kamu ga mengandung bahan bahan ini ya.

      Delete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  3. Pengen cobain Acne Carifying Gel nyaa😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bagus banget! hahaha jangan lupa juga buat jaga hidrasi kulit nya ya selama pake clarifying gelnya. di beberapa kulit bikin kering.

      Delete