Review Scalp Recovery: Perawatan Kulit Kepala Sensitif, Rontok, dan Ketombe

By Gusti Gina - Tuesday, November 19, 2019

Aku paling gak suka kalau rambutku disentuh, sekalipun dielus selalu ada rasa cemas~



Yap, aku nggak suka banget kalo rambutku tersentuh oleh orang lain, apalagi sudah esktrem ya semacam tersangkut, tertarik, terjambak wkwkwk. Karena kulit kepala aku sejak dulu sangat sensitif. Ini juga yang membuat aku ke salon lebih memilih body treatment dibanding hair treatment. Untuk melakukan hair treatment pun biasanya aku sudah harus menyiapkan mental dulu, karena proses keramas, hair drying, hair masking, creambath, atau bahkan hair styling seringkali (setiap kali tepatnya), aku selalu mengaduh. Ya sesakit itu, rambutku tidak tertarik sedikit rasanya satu kepala langsung sakit. Bahkan dulu saat aku masih bertugas sebagai duwis di kota yang mewajibkan memakai sanggul setiap penugas, aku selalu pulang dengan sakit kepala dan harus tidur beberapa jam untuk meredakannya.

Melelahkan? Iya, seumur hidupku begitu. Tapi lama kelamaan mulai mentoleransi dan terbiasa menerima rasa sakit itu. Apakah pasrah? Oh tentu tidak. Aku mencoba berbagai cara untuk meredakan sensitivitas kulit kepalaku, mulai dengan pola hidup sampai penggunaan produk perawatan rambut. Ada yang bisa mengurangi ada yang tidak berguna sama sekali, ya walaupun tidak bisa dihilangkan ya aku realistisnya setidaknya aku nyaman kalau sisiran. Nggak muluk-muluk, aku cuman pengen nyaman sisiran. Aku jarang sisiran hahaha. Karena itu sakit tauk! Selain itu, masalahku juga rambut yang rontok banyak sekali (my husband said my hair is everywhere LOL). Aku gatau diluar sana apa ada yang merasa sama denganku kondisinya?

Kulit wajah dan kulit kepalaku sama sensitifnya, itu kenapa sering muncul jerawat juga dikulit kepalaku. Padahal aku sangat menjaga kebersihan kulit kepala. Aku rutin keramas 2 hari sekali, paling lambat 3 hari karna biasanya hari ketiga sudah sangat berminyak dan lepek. Terlebih setelah menikah, aku cukup sering keramas hehe. Aku juga anak rumahan sekali, jarang lah terpapar polusi di luar, sprei dan sarung bantal serta selimut rutin ku ganti setiap hari. Kamar pun ber AC jadi rasanya lingkunganku sudah sangat aman untuk kebersihan ya.

Sampai suatu hari, ada sebuah brand perawatan kulit kepala menawarkan kerjasama untuk mencoba produknya. Sebenarnya aku sudah tahu tentang perawatan kulit kepala. Aku juga pernah memakai beberapa produk yang khusus untuk perawatan kulit kepala, ya dia lebih ada "efeknya" dibanding produk perawatan rambut untuk mengatasi kerontokan dan ketombe. Brand ini dari Taiwan, produk khusus perawatan kulit kepala. Karena mereka fokusnya disana jadi memang untuk repair gitu loh. Sebenarnya kerusakan rambut itu berakar dari kondisi kulit kepala. Kulit kepala sehat = rambut sehat, begitulah logikanya. Nama brand nya Scalp Recovery anyway.

Aku memakainya baru 1 bulanan sih, masih terbilang baru memang. Tapi ngga papa lah ya aku share reviewku. Let's jump to the review.

Shampoo Follicle Revive:
Ini foaming shampoo aku pertama, biasanya shampoo ku itu berbentuk liquid. Aku rasa ini sangat membantu, busanya lembut tapi tidak begitu berlimpah. Namun cukup membersihkan kulit kepala dan rambutku yang panjangnya hampir sepinggang. Aku pikir ini akan sangat cepat habis. Oh ternyata diriku salah besar. Justru shampoo ini sangat awet, padahal untuk pemakaian setiap keramas dua kali.  2-3 pump untuk shampooan pertama, setelah dibilas aku pakai 1-2 pump lagi. 1 bulan lebih, shampoo ini masih ada. Agak skeptis juga awalnya karna sizenya lumayan kecil. Maklum kebiasa pake shampo yang kemasannya gedong dan liquid. Performa membersihkannya aku acungi jempol, oke banget dan bikin proses shampooan cepat. Aromanya juga lembut jadi enak aja gitu.


Ice Treatment :

Wow! This one is my favorite! Ini bentuknya kaya hair mask gitu loh, tapi dia lebih pekat tapi light/ Duh ngerti gak ya maksudnya. Wkwkwk, beberapa hair mask itu kan ada yang creamy tapi terasa thicky banget gitu. Kalo ini nggak sama sekali. Setelah shampooan yang kedua, dan dibilas ice treatment ini dipakaikan ke kulit kepala. OMY my head is getting frozen. Wkwkw, super duper dingin berasa kayak ditaroh es batu dikulit kepala, sampe rasanya sekujur tubuh seger. Aku suka banget. Didiamkan sekitar 8-10 menit. Agak lama sih jadinya dikamar mandi, tapi ya gapapa bisa sambil sikat gigi atau sabunan kan. Dibilasnya juga sangat mudah, dia gak meninggalkan residu gitu. This is so good!! Kalau keramas dan pake ini, keluar kamar mandi tuh rasanya kayak reborn gitu (lebay emang). Aku menceritakan pengalamanku ke pihak Scalp Recovery, dan ternyata oh ternyata sensasi dingin itu hanya dialami bagi orang yang memiliki kulit kepala yang sensitif katanya. Bagi yang kulit kepalanya normal, tidak terasa dingin. Oh pantes saja aku merasa dibekukan saat pertama kali memakai. Menariknya, lama kelamaan, ice treatment ini berkurang dinginnya dikepalaku. Tapi masih berasa dingin ya, kemungkinan besar kalau dari penjelasan SR, ya berarti sensitivitas kulit kepalaku berkurang. Aku rasa produk ice treatment ini yang berjasa besar dalam mengurangi sensitivitas kulit kepalaku, aku mulai bisa sisiran dengan santai tanpa drama "aduuuh ow ow aaakhhh!" Jerawat dikulit kepalaku juga hilang dan tidak tumbuh secara reguler seperti biasanya. Bahkan benjolan kecil seperti jerawat dibawah kulit yang selama berbulan-bulan ada dibagian kepala belakangku itu hilang, totally gone. Alhamdulillah, so happy!


Oil Control Balancing Lotion:

Ini bentuknya spray, dipakainya setelah keramas, bahkan saat rambut kering pun tak apa. Aku awal-awal rajin memakainya. Tapi makin lama sering lupa. Hingga aku bertanya suatu hari, kok rambut aku kembali berminyak dan lepek gini ya. Oh ternyata sebelumnya yang rambut aku tidak terlalu berminyak dan lepek berkurang karena aku rajin pakai lotion ini. Ah, ternyata dia benar-benar melakukan tugasnya untuk menyeimbangkan produksi minyak dikulit kepala. Kulit kepala yang kelebihan minyak diaku biasanya bikin ketombean, lepek, dan rontok parah. Lotion ini sangat membantu, oh ya walaupun namanya lotion ini bukan lotion creamy gitu ya. I told you this is spray! Jadi inya cair banget ya, aromanya kayak herbal gitu idk perasaanku saja atau tidak. Tapi tidak menyengat dan lama-lama hilang. Ini untuk menyeimbangkan minyak dikulit kepala oke~!

Kesimpulannya, setelah aku pakai sebulan ketiga rangkaian ini memang bagus untuk mengatasi kulit kepala ku yang sensitif dan mengontrol minyak dikulit kepala. Alhasil, rambut aku tidak terlalu berminyak dan jerawat dikulit kepala pun hilang. Untuk kerontokan menurutku ya cukup berkurang sekitar 40-50%. Cukuplah ya, mungkin butuh waktu yang lebih lama untuk mengetahui hasil yang lebih maksimal. Hanya saja kekurangannya adalah untuk rambutku yang tipe kering, tebal, dan mengembang ini aku rasa dia tidak memberikan efek ke tekstur rambut aku. Rambutku masih membutuhkan hair mask atau tidak hair vitamin buat membantu teksturnya lebih halus dan lembut. Tapi untuk mengatasi ketombe dan kulit kepalaku yang sensitif, so far this is the best product. Cek juga ya videoku di instagram kalo mau lihat kondisi kulit kepala dan rambut ku di https://www.instagram.com/p/B36wR7rFER1/

Untuk saat ini mereka hanya tersedia secara online, kamu bisa cek di instagram @scalprecoveryindonesia ya. Bisa konsultasi juga, adminnya ramah dan sabar kok menghadapi keluhan keluhan kita. Hahaha. Harapan aku sih buat scalp recovery ini tersedia di retail atau drugstore ya, agar memudahkan aku kalau mau beli. Kadang beli offline itu lebih menyenangkan.

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete