Review Natural Defense Body Wash & Klarens Hand Sanitizer : Hidup Sehat Dimulai dengan Personal Hygiene yang Tepat

By Gusti Gina - Wednesday, November 06, 2019

Tak terlihat, tapi jelas berbahaya~



Pergi ke pesta salah kostum,
Udah pasti bikin hati ga nyaman,
Eh buk ibuk udah yakin apa belum ?,
Sabun mandi dirumahnya anti kuman.

Cantik saja itu memang tidak cukup. Apalah artinya kalau tidak sehat. Seminggu yang lalu saya menghadiri event Betadine. Sebenarnya ini kali kedua, yang pertama dulu tentang feminine hygiene. Brand Betadine sendiri sudah sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia, karena sejak kecil saja saya sudah mengenalnya sebagai obat luka. Bahkan di rumah saya, untuk mouthwash dan feminin hygiene saya repurchase terus menggunakan Betadine. Hanya saja sabun mandi memang belum pernah. Entah kenapa sepertinya takdir yang mengantarkan saya untuk hadir ke event kedua kali ini. Karena ini sungguh kebetulan yang cukup aneh.

Begini ceritanya, kami mencoba sabun mandi baru. Awalnya sih tidak apa-apa. Selain bikin kering, tidak terjadi apa apa. Kemudian dimulai dengan suamiku telapak tangannya mengelupas diiringi kulit gatal seluruh badan. Ya memang sih suami bekerja dibidang pembebasan lahan dan pertanahan, jadi kerjanya juga sering ke lapangan tepatnya hutan hutan gitu sih karena proyeknya pembangunan dipedalaman Indonesia. Kebayang dong dia tiap pulang diakhir pekan, kulitnya sering gatal inilah itulah. Ya karna memang mainnya sering di hutan.

Gatal dikulitnya tidak membaik, sampai sulit tidur dimalam hari. Lalu berimbas juga ke saya yang mulai gatal-gatal dibadan dan dileher. Kulit juga sangat kering bahkan sudah dikasih body lotion. Setelah mendapatkan penjelasan di event Betadine kemaren, saya berasa langsung dapat insight bahwa sabun mandi juga sangat berperan pada kesehatan kulit. Sabun mandi saya selama ini tidak mengandung antiseptik. Mungkin itu pula yang membuat kulit kami tidak bersih dari kuman yang akhirnya berujung gatal-gatal.


dr. Mery Sulastri (Health Practioner) - Gissela Nurfitriani  (Brand Manager Betadine Indonesia) -
Hetsa Hemawati (Blogger & Working mom)


Slide demi slide, saya foto dan saya simak dengan baik penjelasan dari dr. Mery Sulastri. Beliau menjelaskan dengan baik dan mudah dipahami. Beberapa poin yang saya garis bawahi adalah sebagai berikut :

  • Kuman penyebab penyakit ada disekitar kita selama 24 jam
  • 95% Orang tidak mencuci tangan dengan benar
  • Jumlah kuman diujung jari meningkat 2x lipat setelah menggunakan toilet
  • Kuman penyebab penyakit disebabkan bakteri, virus, dan lainnya
  • Kuman paling banyak ada di gadget kita, bakteri di hp 18 kali lipat lebih banyak dibanding bakteri di toilet umum
  • Flushing toilet membuat kuman semakin menyebar diseluruh toilet karna ada tekanan
  • Cara terbaik mencegah penyakit adalah menjaga personal hygiene dengan cuci tangan yang benar, mandi, sikat gigi, keramas, menyisir, menjaga lingkungan tetap bersih terutama rumah.
Setelah mendengar penjelasan dari dr. Merry, intinya membersihkan tubuh terutama mandi dan cuci tangan adalah hal yang sangat penting untuk personal hygiene kita. Oleh karena itu, jangan sembarangan pilih sabun mandi, karena ada bahan-bahan kimia yang justru bisa berbahaya buat kulit. Tentunya saya menjadi lebih selektif dong setelah mendengar paparan dari dr. Merry. Langsung ingat, selama ini saya memilih sabun mandi cenderung untuk melembapkan saja dari brand kecantikan. Karena sabun yang mengandung antiseptik seringkali membuat kulit kering, tipe kulit saya dan suami juga sudah kering. Jadi takutnya malah makin kering.

Materi kemudian dilanjutkan oleh Mrs. Gisella dari pihak Betadine. Beliau menerangkan bahwa Betadine hadir sebagai jawaban kebutuhan personal hygiene namun disisi lain juga kebutuhan kecantikan kulit. Kenapa ? karena sabun mandi dari betadine tidak membuat kulit kering dan mampu melembapkannya. Hmmm.. menarik, tapi saya sedikit tidak yakin. Karena yang sudah-sudah, malah bikin kering dikulit kering saya. Semakin penasaran ingin mencoba. Mrs. Gisella menjelaskan tentang produk yang akan kami dapatkan nanti, yaitu:
  • Betadine Natural Defense Body Wash dengan varian Manuka Honey & Pomegranate. Formulanya dengan pH balanced, mengandung aloe vera dan Vitamin E yang melembapkan dan menyehatkan. Tentu saja tidak mengandung bahan yang keras dan iritatif yang dapat membuat kulit kering. Tidak mengandung 8 kandungan kimia yang berbahaya yaitu : SLS (Sodium Lauryl Sulfate), MIT (Methylisothiazolinone), Parabens, Triclosan, Triclocarban, Formaldehyde, Dioxane, dan BHT (Butylated Hydroxytoluene). Intinya produk ini skin-friendly banget deh. Cocok dipakai sekeluarga.
  • Betadine Natural Defense Foaming Hand Wash. Khusus untuk keperluan cuci tangan dapat menggunakan sabun anti bakteri yang satu ini. Formulanya pun sama mengandung pH balanced dan melembapkan kulit.
  • Klarens Hand Sanitizer Spray. Nah ini yang paling unik, disebut-sebut sebagai adik dari Betadine. Hand sanitizer ini travel friendly dan menurut saya perlu dibawa kemana-mana. Biasanya hand sanitizer saya berupa gel, kali ini dari Klarens sangat memudahkan yaitu spray! Cukup 1x spray sudah dapat membunuh kuman, tidak lengket, cepat menyerap, dan tidak berbau alkohol. Mengandung Vitamin E dan Castrol Oil juga loh. Variannya ada yang Pink Rose dan Calming mask. Ini multipurpose juga, bisa dipakai ditangan, toilet seat, helm, bahkan handphone loh.

Sepulangnya dari event, saya mendapat goodie bag yang berupa produk di atas. Saya sangat senang pulang dari sana, mulai ilmu yang di dapat hingga bingkisan acara secara keseluruhan. Setiap datang ke event, saya suka memerhatikan bagaimana event tersebut berlangsung. Dulunya saya bekerja di bidang event organizer sih, dan seringkali menjadi project manager. Jadi suka kebawa-bawa kalau ada event di Jakarta, otak saya sibuk memperhatikan bagaimana acara tersebut berlangsung.



Event Betadine kali ini dilaksanakan bersama C Channel. Kalau kamu belum tahu bisa cek di instagram mereka di @cchannel_id. Secara keseluruhan event berlangsung profesional dan tepat waktu. Biasanya masalah pada event organizer itu adalah waktu dan pengemasan acara. Saya datang pukul 09.07 WIB dan registrasi dimulai pukul 09.30 WIB. Saya seringkali datang keacara terlalu cepat, tapi saat saya datang kemaren ternyata saya sudah disambut dari pihak C Channel yang sudah stand by di meja registrasi. Semua perlengkapan dan properti sudah siap. Saya sempat terkesima, karena mereka tepat waktu. Hehe Acara juga berlangsung dengan lancar dan pembawa acara juga menyenangkan pembawaanya sehingga acara tidak membosankan. Ditambah ada kegiatan tambahan yang nggak kalah seru yaitu membuat lilin aromaterapi. Lebih tepatnya kami menghias lilin dengan bunga yang cantik dan telah tersedia di atas meja. Hasil karyaku ada difoto pertama hahaha. 

Oh ya, jump to the REVIEW ya. Setelah seminggu pemakaian, akhirnya saya yakin untuk mereview.


Betadine Natural Defense Body Wash Manuka Honey



  • Packaging : 500ml dengan ukuran besar dan pump lotion. Sangat memudahkan untuk dipakai, tidak perlu dituang cukup ditekan maka produk akan keluar 
  • Texture : light dan berwarna kuning transparan 
  • Scent : aromanya madu banget. Buat yang suka manuka honey, bakal suka. 
  • Experience : Pulang-pulang langsung pakai dong. Suami saya juga antusias untuk memakai ini. Menarik, baru kali ini saya pakai sabun mandi cair yang teksturnya light seperti betadine dan dia juga busanya tidak terlalu banyak. Wajar saja karna terbuat dari bahan alami kan, jadi kandungan alami nyaini juga yang bikin kulitku tetap lembap setelahnya. Pada pemakaian awal, aku merasa licin. Mungkin karna terbiasa sabun yang banyak busa, jadi rasanya beda. Akhirnya saat ritual mandi selanjutnya, aku benar-benar mengusap dan menggosok badanku saat dibilas dengan air. Setelahnya tidak meninggalkan licin, justru lembap. Perlahan tapi pasti, pemakaian hari keempat, gatal-gatal saya berkurang mungkin karna kulitku tidak sekering sebelumnya lagi. Begitu juga dengan suamiku. Wah senangnya! Saat jalan di guardian, kami langsung cek harga. Ternyata affordable, bisa banget ini kalau habis kami beli sendiri. Jadi kalo cocok, ga repot soal harga. Ini menjawab sih kebutuhan saya, sabun anti bakteri tapi juga melembapkan dan menjaga kecantikan kulit.

Betadine Natural Defense Foaming Hand Wash Manuka Honey

  • Packaging : 225 mL dengan botol putih, mirip seperti versi mini body wash. Ini juga sama dengan pump, tapi bedanya yang keluar bukan liquid tapi foam alias busa.
  • Texture : foam of course
  • Scent : Madu sama seperti body wash varian manuka honey juga 
  • Experience : Ini langsung aku pakai juga. Sering cuci tangan setelah aktivitas, terutama saat beberes dan memasak. Hand wash ini juga tidak membuat kulit kering, praktis juga karena bentuknya sudah foam jadi mencucinya lebih cepat tingal langsung digosok-gosok tangannya. Ingat ya selalu cuci tanganmu dengan benar. Oh ya, produk sabun yang bentuknya foam ini biasanya lebih hemat loh. Betadine Natural Defense Foaming Hand Wash ini mengklaim 3.5x lebih hemat. So nice ya untuk dompet ibu.


Klarens Hand Sanitizer Spray Pink Rose

  • Packaging : 60mL dengan spray 
  • Texture : butiran air nya sangat halus. saya suka!
  • Scent : mild dan tidak menyengat.
  • Experience : Nah ini favorit saya. Langsung ditaroh berjejer paling depat disamping cleansing balm saya. Biasanya untuk skincarean atau makeup, saya sangat memperhatikan kebersihan telapak tangan terutama jari. Karena itu yang akan dipakai untuk memakai skincare kewajah. Contohnya saja sebelum melakukan skincarean kan suka pegang hp lah, pegang baju lah, atau lainnya. Sekarang saya ga perlu lagi repot repot ke kamar mandi buat cuci tangan sebelum skincare-an. Saya cukup 1x spray ditelapak tangan dan tap tap sudah siap skincare-an. Hihi. Selain itu juga ini selalu saya masukin tas, kalo bepergian ke luar. Biasanya saat ke toilet umum, akan saya semprotkan terlebih dahulu, sesaat sebelum pakai helm, dan bahkan saya semprotkan ke hape saya. Kebayang ngga sih di hape banyak banget kumannya. Langsung dibasmi sekejap dengan Klarens. I really highly recommend this one jadi must item ditas kita! Memang pas sih jargonnya satu semprot sejuta manfaat!
Saat saya posting diinstastory ada direct message yang masuk bertanya dapat dibeli dimana, kamu bisa beli di drugstore atau retail terdekat ya. Tersedia kok! Atau bisa juga online lewat Tokopedia atau Lazada. Oh ya ada juga yang nanya, tentang kandungan SLS di Betadine, bebs itu bukan SLS(Sodium Lauryl Sulfate) tapi SLES (Sodium Laureth Sulfate). SLES versi yang lebih ringan dan aman untuk digunakan sehari-hari ya gengs. Kalian bisa cek di instagram @betadineindonesia dan @klarens_indonesia 

#NaturalDefense #GaBikinKulitKering #SatuSemprot #SejutaManfaat

  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    ReplyDelete
  2. I read your post and this blog is very good. You have good knowledge on this. This post really impressed me. Thank you for sharing your knowledge with all of us. Sanitizers and disinfectants

    ReplyDelete
  3. Clearly, It is an engaging article for us which you have provided here about Hand Sanitizer. This is a great resource to enhance knowledge about it. Thank you. Buy Hand Sanitizer Online

    ReplyDelete