Tips Memakai Skincare Untuk Pemula

By Gusti Gina - Monday, December 17, 2018

Photo source : Cosmopolitan


Skincare emang nggak ada habisnya sih buat diomongin, tapi yang habis itu uangnya buat dibelanjain. Buat para pemula di dunia per skincare an, I know what you feel bingungnya dengan istilah-istilah skincare, step-step skincare routine, ingredients yang terdengar kimiawi banget, belum lagi yang utama bikin pusing adalah harganya dan cocok apa nggaknya.

Nah, karena aku pernah diposisi itu, aku mau share beberapa tips siapa tahu bermanfaat buat kalian.

1. Mulai dengan Basic Skincare
Yang penting itu yang basic, kalo udah dilakuin yang lain mah gampang. Lagian percuma pake produk konsentrat dengan specific skin concern, tapi kalau basic skincare kita berantakan. Jadi basicnya apa ?
- Double Cleansing (Make up Remover : Micellar Water, Cleansing Balm, Oil Based Cleanser, baru kemudian dengan sabun muka). Ini penting, percuma serum mu mahal tapi nggak tuntas bersihin wajah.
- Moisturizer. Esensial banget ! Never skip your moisturizer. Jangan tergiur serum essence booster segala macam, terus pas dipakai kok nggak ngaruh. Yaiyalah kalau gak dikunci pakai moisturizer dia gak optimal kerjanya. Lagian, moisturizer sebagai fungsi utamanya adalah melembabkan. Ingat, kulit yang sehat adalah kulit yang terjaga kelembabannya.
- Sunscreen. Musuh utama perusak kulit kita adalah sinar UV. Bayangin aja udah skincarean, tapi semua sia-sia karna si sinar UV. Selalu lindungi kulit pakai sunscreen ya.

2. Mulai dengan Harga Yang Termurah
Why ? Kalau nggak cocok nggak rugi-rugi banget gitu loh. Misalnya kalian tertarik dengan serum Vitamin C yang harganya 500 ribu ke atas, coba deh cari alternatif serum vitamin C yang harganya terjangkau oleh kantong kita. Kalau memang cocok pakai Vitamin C, berarti selanjutnya bisa upgrade, naik kelas cuy. wkwkw

3. Jangan Tergiur Skincare Abal-abal
Memang hasrat ingin memiliki kulit bersih glowing glass skin entah kenapa kaya menghantui aja. Tapi tetap pakai logika !! Kalau itu skincare nggak jelas brand dari mana, ingedientsnya apa, apalagi nggak ada izin BPOM, FDA, KFDA, dll. Ngga usah dipakai. Percaya deh, kalau kulitmu rusak kenapa-napa, mengobatinya bisa sampai berkali kali lipat biayanya.

4. Rajin-rajin Baca Artikel - Nonton Youtube
Cari konten beauty knowledge, biar kita sebagai konsumen itu ngerti apa yang dibutuhkan kulit kita. Dan kita juga harus jadi smart buyer, ini kedepannya bisa jadi rem kita buat belanja nggak kebobolan

5. Jangan Baca Review Hanya dari 1 Sumber
Review itu di google banyak. sebelum beli produk research dulu deh.Yakinkan hati cocok apa nggak sama jenis kulit kita dan perhatikan sang reviewer itu jenis kulitnya apa. Kalau nggak tahu, TANYA! tapi ada baiknya cari tahu dulu sih. Cari review yang memang meyakinkan kamu, titik beratkan ke product knowledge dan personal experience si reviewer. Jangan cuman dia bilang "ini bagus banget. Ini bisa bikin blah blah blah". Terus dirimu percaya secepat itu? janganlah macam tu. Coba perhatikan isi review dia, seperti : jenis kulit dia, lama pemakaian, reaksi dikulit / hasil. kekurangan-kelebihan, dan harga.

6. Perbaiki Lifestyle
Kadang yah ini hal yang terasa simpel, tapi ini juga yang paling sulit. Aku ngerasain sendiri sih, sudah rajin pake skincare kok kulit nggak ada perubahan ternyata lifestyle amburadul. Perhatikan asupan gizi, perbanyak minum air putih, tidur yang cukup, dan pastinya manajemen stress. Hormon juga menjadi salah satu penentu kesehatan kulit juga loh, jadi sambil dimonitor juga. Cantik itu nggak bisa dari luar kulit doang, tapi juga kombinasi dari kesehatan tubuh dan kesehatan jiwa.

Nah itu tips dari aku buat skincare pemula. Jadi jangan berekspektasi dengan skincare wajah kita bakal langsung kayak artis-artis. Butuh waktu dan kesabaran. Jangan jadikan artis sebagai standard cantik kita. Karena kita nggak tahu perawatan seperti apa yang mereka jalani.

Tenangkan dirimu ferguso.



  • Share:

You Might Also Like

0 comments